Minggu, 22 Maret 2020

MENAMPILKAN DATA DALAM GRAFIK

Oleh :
Asyhari A. Usman

Membuat Grafik Data di Worksheet



Membuat  sebuah grafik data di Excel sangan mudah.

1.      Siapkan sebuah data yang akan di buat.
2.      Setelah anda memiliki data dalam bentuk tabel,langka selanjutnya cukup membuat     blok/memilih  range tabel dari adat yang akan di jadikan grafik.lebih simpel lagi bahkan anda dapat memilih salah satu sel dalam tabel tersebut saja.

1.      Setelah itu klik tombol di pojok kanan group chart,tab insert untuk menampilkan kotak dialog Create Chart untuk memilih tipe grafik yang anda inginkan.

1.      Anda akan memperoleh data secara instant pada worksheet,di mana data tabel berada.

  Membuat Grafik Data di Chart Sheet 

    Sama mudahnya (bahkan lebih mudah) untuk membuat grafik data pada lembar grafik (Chart sheet).jika sel aktif suda terletak di salah satu sel dalam tabel data,tinggal tekan tombol fungsi F11 maka anda akan memperoleh sebuah frafik instan di sebuah Chart sheet.   
Semudah itulah membuat grafik pada Excel 2007 dan 2010.namun selanjutnya  anda perlu mempelajari nama-nama komponen dari grafik.dari sini anda akan memahami dan dapat membaca maksud tampilan suatu grafik data.

  Komponen-komponen dalam Grafik
Syarat-Syarat Umum Susunan Data untuk Dijadikan Grafik Data

      Sebaiknya susunlah data anda seperti susunan pada tabel sebagai mana yang telah dibahas pada bagian tabel data
1.      Data harus berupa bilangan numerik.
2.      Anda dapat pula menggunakan data yang berupa formula,namun hasil formula itu hendaknyaSesuai dengan syarat umum bagi pembuatan grafik.
3.      Hindarkan nilai data yang selisihnya sangat dratis,misalnya satu kolom memuat nilai-nilai         2,5,6,3, sementara yang lain memuat data 287,634,500  karena kedua data yang  perbedaanya    sangat menyolok  itu akan sulit di gambarkan dalam bentuk grafik.
4.      Jangan memuat range yang terdapat nilai-nilai satuan dan nilai-nilai jumlah.misalnya data seri pertama memuat jumlah penjualan”januari”,data seri kedua”februari:,ketigaa “maret”,dan data seri keempat “jumlah penjualan”.
5.      Jangan memuat data dan prosentasenya, misalnya dat seri pertama memuat “rencana”,data seri kedua memuat”realisasi”,dan data seri ketiga memuat “prosentase realisasi”.apabila terpaksa harus   melakukan itu gunakanlah grafik gelembung.hanya bentuk grafik inilah yang memungkinkan anda menampilkan data dan prosentasenya.
 
Selanjutnya  anda perlu mengetahui berbagai macam tipe bentuk tampilan grafik data yang dimiliki Excel.untuk apakah masing-masing tipe  data tersebut?suatu jenis data akan memiliki pilihan tipe grafik yang tepat untuk menggambarkannya. Pada tahap berikutnya anda akan mempelajari bagaimana memformat tampilan grafik anda sehingga sesuai dengan tujuan  untuk apa mempersentasikan data ke dalam bentuk grafik.
  Macam –Macam Grafik Data pada Excel Serta Kegunaan nya

      Excel memiliki bermacam-macam bentuk grafik untuk membantu menampilkan data anda agar lebih bermakna dimata audience anda.masing-masing  bentuk itu memiliki sub-tipe yang beraneka ragam sehingga mencapai 90 puluh buah pilihan. Sebelum anda memilih salah satu bentuk grafik,sebelumnya anda pahami terlebih dahulu apa kegunaan masing-masing bentuk grafik data tersebut.dengan demikian,sesuai data yang anda memiliki,serta tujuan yang diinginkan dalam membuat grafik,anda dapat menentukan bentuk grafik data yang paling  tepat untuk mempresentasikan data tersebut.

   Grafik Kolom 

   Grafik kolom dalam bahasa indonesia kadang disebut grafik batang.pada grafik kolom,data dapt di susun dalam bentuk kolom maupun baris pada worksheet.dari data tersebut,grafik kolom dapat berguna untuk menunjukan perubahan nilai data selama periode waktu tertentu,atau mengilustrasikan perbandingan jumlah data antar jenis item.
   Dalam grafi kolom,kategori biasanya di susun pada sumbu horizontal,sedang nilai pada sumbu vertikal.grafik kolom memiliki subtipe sebagai berikut.

    Kolom berkelompok dan kolom berkelompok 3-dimensi
     Kolom berkelompok membandingkan nilai sepanjang kategori.menampilkan nilai ndalam kotak  2 dimensi.sedangkan grafik data kolom berkelompok 3dimensi menampilkan nilai hanya pada koyak vertikal dalam format 3-D,dan tidak menampilkan data dalam format 3-D.untuk menampilkan data dalam format 3-D  enggunakan 3 sumbu ( hirizontal,vertikal,dan sumbu kedalaman ) anda dapatt menggunakan grafik data dengan format kolom 3-D.

·         Kolom bertumpuk dan kolom bertumpuk 3-dimensi

      Grafik kolom bertumpuk menunjukan hubungan antara masing-masing item secara individu dengan data secara keseluruhan,dibanding dengan kontribusi masing-masing dengan nilai keseluruhan di sepanjang kategori.sebuah grafik data kolom bertumpuk menampilkan nilai dalam bentuk kotak segi 2-D yang tersusun menumpuk.
 
      100% kolom bertumpuk dan 100%kolom bertumpuk dalam 3-D
     Grafik tipe ini untuk membandingkan prosentase setiap nilai data terhadap jumlah keseluruhan dalam suatu kategori.sebuah grafik kolom 100% menampilkan nilai dalam 2-dimensi secara vertikal.
Sedangkan grafik kolom bertumpuk 3-D 100%  menampilkan kotak segi empat bertumpuk secara vertikal dalam 3-dimensi.anda dapat menggunakan grafik kolom bertumpuk 100%  bila anda memiliki tiga atau lebih seri data yang ingin di tonjolkan kontribusinya pada keseluruhan nilai data dari item tersebut.

      Grafik kolom 3-D 
    Grafik kolom 3-D memiliki 3 buah sumbu yang dapat anda modifikasi (sumbu horizontal,sumbu vertikal,dan sumbu kedalam).ketiganya membandingkan data points.(data poins: adalah data secara individu yang diplot pada grafik dan diwakili oleh batang,kolom,garis,irisan pada pie atau donat,titik,dan bentuk lain yang disebut data marker).data marker dari warna yang sama mewakili suatu seri data sepanjang sumbu orizontal dan sumbu kedalaman.
Anda dapat menggunakan grafik kolom 3-D bila ingin membandingkan data-data sepanjang kategori maupun seri secara berimbang.

     Cylinder,cone,dan pyramid
     Grafik silinder,cone,maupun pyramid merupakan bentuk fancy dari grafik kolom.model-model ini tersedia dalam bentuk berkelompok,bertumpuk,maupun 100%. 

       DAFTAR PUSTAKA
          Adi Kusrianto. 2012. Aplikasi Excel Untuk Guru. Kompa Gramedia, Jakarta
          Arsyad Azhar. 2009. Media Pembelajaran. Raja Grafindo Persada, Jakarta     
          Enterprise Jubilee. 2011, Membongkar Rahasia Blog, Kompas Gramedia, Bandung
     Wicaksono Yudhy. 2010. Cara Cepat Mengelola Database dengan Macro Excel. Kompas Gramedia, Jakarta
  http://www.ilmugrafis.com/flash.php?page=dasar-dasar-flash.Pengenalan Macrhomedia Fles 8 Akses 22 September 2013

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

WASIAT SULTAN MUHAMMAD AL-FATIH UNTUK ANAKNYA

"Tak lama lagi aku akan menghadap Allah Subhanahu waTa'ala. Namun aku sama sekali tidak merasa menyesal, sebab aku meninggalk...